Indonesia English | Home | Forum | Konsultansi | Hubungi Kami | Direktori | Webmail | Login



SMA KOLESE
DE BRITTO
Intelligent,Creative,Self-Fulfilled
Jl Laksda Adisucipto No. 161 YOGYAKARTA, INDONESIA 55281
Telp. (0274) 518667
Fax (0274) 547606


Berita Kampus

Selasa, 27 April 2010
Peringkat UN SMA de Britto Naik Signifikan


Serentak dengan seluruh SMA/MA/SMK se-Indonesia, para siswa kelas XII SMA Kolese de Britto menerima hasil Ujian Nasional. Bertempat di aula SMA Kolese de Britto, tepat pukul 10.00 WIB seluruh rangkaian pengumuman kelulusan dimulai. Sebagai pengantar, Wakasek Kesiswaan, Rm. Dwiko SJ, mengingatkan para siswa bahwa kelulusan ini berarti bahwa mereka semua dituntut untuk semakin dalam menghayati nilai-nilai de Britto, terutama nilai man for others. Wujud nyata dari nilai tersebut antara lain adalah tidak adanya coret-coret baju seragam karena lebih baik seragam tersebut disumbangkan kepada adik kelas yang masih membutuhkan.

 

Setelahnya, Kepala Sekolah menyampaikan pengumuman kelulusan, dimulai dari kelas Bahasa, IPS, dan terakhir IPA. Untuk kelas Bahasa, tahun ini SMA Kolese de Britto kembali lulus 100 persen. Sementara itu, dari kelas IPS dan IPA, masing-masing jurusan memiliki 3 orang siswa yang tidak lulus UN. Enam orang yang tidak lulus UN ini akan mengikuti UN susulan pada tanggal 10-14 Mei 2010 nanti. Jumlah ketidaklulusan ini tentu saja terkait dengan besarnya angkat ketidaklulusan di seluruh DIY. Jumlah peserta ujian yang tidak lulus di DIY sebesar 23,70%, tertinggi di Pulau Jawa.

 

Pelaksanaan UN tahun ini juga membawa sebuah kabar gembira bagi SMA Kolese de Britto karena peringkat UN sekolah meningkat signifikan. Peningkatan paling kentara terdapat pada jurusan IPA. Di tingkat Kabupaten, de Britto menduduki peringkat 2 dan di tingkat Provinsi, peringkat 9. Khusus untuk sekolah swasta, jurusan IPA de Britto baik di tingkat Kabupaten dan Provinsi menduduki peringkat 1. Kenaikan peringkat sekolah juga terjadi di jurusan IPS dan Bahasa.

 

Setelah pengumuman UN di sekolah selesai, para siswa SMA Kolese de Britto mengadakan ritual yang setiap tahun mereka adakan, yaitu long march dari sekolah sampai ke Tugu Jogja. Berseragam putih abu-abu, para siswa menantang panasnya matahari dan berjalan dengan khidmat menuju Tugu. Sesampainya di sana, para siswa mengelilingi Tugu Jogja beberapa kali. Setelahnya, mereka menyanyikan lagu Indonesia Raya dan menutup ritual tersebut dengan menyanyikan Mars de Britto.

 


 versi cetak       kirim ke teman



GO TO INDEX BERITA KAMPUS
daftraulang 2  va  cad2  
Copyright © 2009. SMA Kolese de Britto. Website dikembangkan oleh Citraweb Nusa Infomedia.