Indonesia English | Home | Forum | Konsultansi | Hubungi Kami | Direktori | Webmail | Login



SMA KOLESE
DE BRITTO
Intelligent,Creative,Self-Fulfilled
Jl Laksda Adisucipto No. 161 YOGYAKARTA, INDONESIA 55281
Telp. (0274) 518667
Fax (0274) 547606


Berita Kampus

Kamis, 16 April 2009
De Britto Menuju Kampiun DBL 2009

Perjalanan SMA Kolese De Britto (JB) menuju final Deteksi Basketball League (DBL), 20-27 Maret 2009 bisa dibilang mulus. Semenjak pertandingan awal hingga partai final, JB selalu menyuguhkan permainan yang atraktif dengan skor kemenangan yang selalu lebih banyak dibanding partai sebelumnya.

Seluruhnya ada 4 game yang dilakoni tim SMA Kolese De Britto. Pertandingan pertama,  De Britto berhadapan dengan SMAN 5 Yogyakarta. Di awal pertandingan tampak tim JB menunjukkan sikap demam panggung. Namun, hal tersebut bisa diatasi sampai akhirnya tim JB menyudahi pertandingan dengan skor 35-13.

Pada pertandingan ke dua, tim De Britto  berhadapan  dengan SMAN 1 Bantul. Pertandingan kali ini sangat ketat. SMAN 1 Bantul mampu mengimbangi permainan anak asuh Asep, pelatih tim basket SMA Kolese De Britto. Kedua tim saling berebut memasukkan bola dan skor kedua tim saling menyusul. Ketegangan terus berlanjut hingga kuarter 4, sebelum akhirnya tim JB memenangi pertandingan dengan skor 42 31. Kemenangan ini mengantarkan tim JB menuju babak semifinal DBL 2009. Di semifinal tim JB bertemu dengan favorit juara DBL tahun ini, yaitu SMAN 1 Kalasan, finalis DBL tahun 2008. Gemuruh sorak-sorai penonton di GOR UNY membuat aroma pertandingan kali ini menjadi panas. Meski tim lawan memiliki postur tubuh yang lebih baik, De Britto tidak gentar sedikitpun bahkan memiliki motivasi bermain yang sangat tinggi. Ini ditunjukkan dengan kemampuan De Britto untuk selalu memimpin perolehan skor di setiap kuarter. Ketatnya pertandingan semifinal diakhiri dengan skor 53-67 dan menghantarkan tim basket SMA Kolese De Britto melaju ke babak final. Babak final digelar pada Jumat, 27 Maret 2009 di GOR UNY. Di pertandingan final sudah menunggu SMA Bopkri 2. Sepanjang pertandingan SMA Kolese De Britto mendominasi. Aksi individu maupun kerja sama tim mampu mencetak angka-angka dan mengundang decak kagum suporter maupun penonton yang hadir malam itu. Peluit akhir pertandingan pun berbunyi. Skor akhir 46-72 untuk kemenangan tim JB. Trofi DBL 2009 jatuh ke tangan SMA Kolese De Britto.

Kemenangan De Britto kali ini sudah bisa diramalkan sebelumnya. Setelah kegagalan di kejuaran PPI pada bulan Februari 2009, tim asuhan Asep ini terus berlatih untuk memantapkan diri guna meraih juara di ajang DBL 2009. Dengan persiapan yang mantap dan keseriusan dari para pemain, ramalan tersebut berhasil diwujudkan. Bukan hanya itu, De Britto yang terkenal dengan semboyan Man For Others, membuktikan semboyan itu lewat dukungan yang luarbiasa dari suporter dan tim yel-yel. Dukungan dari suporter memberikan suntikan motivasi sehingga mereka bermain bak banteng kesurupan.  Suporter dan tim yel-yel mendapatkan juara 2 dalam kompetisi ini.

Lebih hebat lagi, pertandingan kali ini berlangsung pada saat mid semester. Sebelum kompetisi dimulai, Romo Pamong mengadakan kesepakatan dengan para pemain dan tim yel-yel. Isinya adalah bahwa para pemain dan tim yel-yel harus tetap mengutamakan belajar. Mereka harus bisa membagi waktu untuk belajar dan bermain basket. Jika hal tersebut tidak bisa dipenuhi, tim De Britto tidak akan diizinkan mengikuti kompetisi ini. Di situlah para pemain diajak untuk bisa mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan yang matang. Di situlah, nilai kebebasan yang bertanggungjawab di De Britto diajarkan secara nyata. Setiap keputusan yang diambil harus dipikirkan dengan matang dan dilakukan dengan sepenuh hati dan bertanggungjawab. Dan, itu semua berakhir dengan baik. (Franky Prianto).
 


 versi cetak       kirim ke teman



GO TO INDEX BERITA KAMPUS
cadangan1  
Copyright © 2009. SMA Kolese de Britto. Website dikembangkan oleh Citraweb Nusa Infomedia.