Indonesia English | Home | Forum | Konsultansi | Hubungi Kami | Direktori | Webmail | Login



SMA KOLESE
DE BRITTO
Intelligent,Creative,Self-Fulfilled
Jl Laksda Adisucipto No. 161 YOGYAKARTA, INDONESIA 55281
Telp. (0274) 518667
Fax (0274) 547606


Berita Kampus

Sabtu, 20 Desember 2014
Replika Salimar Diserahkan ke De Britto

 
 
Replika Prasasti Salimar IV dan VI diserahkan oleh arkeolog Daud Aris Tanudirjo kepada SMA Kolese De Britto pada Rabu, 17 Desember 2014 yang lalu. Prasasti yang asli berasal dari zaman Mataram Kuno dan kini disimpan di Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta. Setelah terkubur di dalam tanah lebih dari 1000 tahun, Prasasti Salimar IV ditemukan pada 25 Desember 1957 di tengah-tengah pembangunan kompleks pasturan Kolese De Britto, sementara Prasasti Salimar VI ditemukan Juli 1988, saat dilakukan penggalian untuk bakal fondasi salah satu bangunan di kompleks sekolah.

Prasasti Salimar IV dan VI yang dibuatkan duplikatnya itu sebenarnya adalah dua dari 8 patok hutan Salimar, yang konon kemudian menjadi Sleman. Tulisan beraksara Jawa Kuno yang terdapat pada prasasti berujud lingga tersebut  menyebutkan bahwa raja ketujuh Mataram Kuno Sri Maharaja Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala, yang memerintah pada tahun 856 s.d. 890 M, memberikan hutan Salimar sebagai tanah perdikan bebas pajak kepada Sang Pamgat Balakas, seorang pemuka agama Hindu, pada tahun 880 M atas jasanya kepada kerajaan.

Pembuatan replika Salimar IV dan VI  pertamakali digagas oleh beberapa alumni angkatan 2000 SMA De Britto dan Mujiono Suisman, mantan pegawai perpustakaan De Britto. Ide ini kemudian disampaikan kepada Daud Aris Tanudirjo, yang juga alumnus De Britto. Daud lalu meminta bantuan Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta untuk membuatkan duplikat tersebut. Om Tong Jit, sapaan akrab Mujiono Suisman, menyebutkan bahwa replika dibuat untuk menjadi tanda bahwa ada benang merah yang bisa ditarik dari masa lalu ke masa kini.

Daud menuturkan bahwa dua replika tersebut dibuat dari remukan batu-batuan seukuran pasir, dicampur dengan bahan kimia yang berfungsi sebagai perekat. Replika prasasti yang sekarang dipajang di perpustakaan SMA Kolese De Britto itu dibuat persis seperti prasasti asli dalam kondisi saat ditemukan.




 versi cetak       kirim ke teman



GO TO INDEX BERITA KAMPUS
pengumuman  
Copyright © 2009. SMA Kolese de Britto. Website dikembangkan oleh Citraweb Nusa Infomedia.